Jika Anda merasa kesepian, Anda tidak sendirian. Keadaan ini dialami hampir semua orang di dunia. Dari hasil penelitian, para andal sekarang sudah menemukan penyebab rasa sepi ini sehingga sanggup memperlihatkan beberapa cara sederhana dan logis untuk mengatasinya.

 Keadaan ini dialami hampir semua orang di dunia 11 Cara Mengatasi Rasa Sepi
“Orang-orang yang merasa kesepian dan memiliki persoalan dalam membentuk hubungan erat dengan orang lain memiliki rasa percaya diri yang rendah,” kata psikiater David D. Burns, penulis buku Intimate Connections yang berbagi jadwal mengatasi kesepian di Presbyterian Medical Center, Philadelphia. “Mereka takut ditolak dan dicela sehingga bersikap terlalu kritis terhadap diri sendiri. Ini disebabkan mereka memiliki impian yang tak masuk logika untuk dirinya sendiri maupun orang lain.”

Rasa percaya diri yang rendah ini menciptakan seseorang malas keluar, bertemu dengan orang-orang dan menjalin persahabatan. Tapi, sekali Anda berguru menyayangi diri Anda sendiri, orang lain dengan sendirinya akan menyayangi Anda juga. Dan rasa kesepian akan hilang. Berikut ini, tip yang ditawarkan Dr. Burns.

1. Ingatkan diri Anda perihal talenta dan ciri pembawaan Anda yang menciptakan Anda besar hati pada diri sendiri. Bayangkan diri Anda sebagai seseorang yang menarik dan diperlukan. Orang-orang lain umumnya tertarik pada seseorang yang memiliki pandangan positif.

2. Laksanakan acara yang selama ini Anda dambakan. Apakah berguru dansa, atau bermain musik, atau kursus bahasa asing, atau melaksanakan acara sosial. Pandai dalam suatu bidang akan membangkitkan rasa percaya diri.

3. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Anda niscaya akan selalu menemukan orang lain yang lebih langsing, lebih muda, lebih cerdas, atau lebih seksi. Selain itu, untuk menjalin persahabatan lestari dan saling mengasihi, Anda tak perlu harus elok atau tampan atau kaya.

4. Bergabung dengan grup yang punya minat yang sama. Pelajari jadwal yang ditawarkan tubuh pendidikan untuk orang dewasa. Bisa juga bergabung dengan organisasi yang bersifat keagamaan. Atau bergabung dengan grup teater dan sebagainya, yang terdapat di dekat kediaman Anda.

5. Sibukkan diri dengan pekerjaan sukarela. Dengan acara ini, Anda akan lebih memikirkan apa yang sanggup Anda berikan kepada orang lain, daripada memikirkan apa yang sanggup Anda dapatkan dari orang lain. Hal ini akan menciptakan Anda merasa bahagia pada diri sendiri.

6. Lakukan sesuatu yang menciptakan Anda merasa istimewa. Manjakan diri Anda dengan masakan lezat, tataan rumah / kamar yang menarik, atau acara menyenangkan yang lainnya. Temukan hal-hal yang sanggup menyenangkan Anda.

7. Rias diri Anda semoga berpenampilan menarik. Kenakan busana yang sedang ngetren yang selama ini selalu Anda hindari. Perubahan gambaran Anda sanggup mempengaruhi perasaan orang-orang terhadap diri Anda.

8. Jangan terlalu kritis terhadap orang lain. Jika Anda mengharap bertemu dengan orang yang sempurna, Anda akan menunggu selamanya.

9. Selalu tersenyum. Katakan, ‘halo’ pada orang tak dikenal di jalan. Jika hal ini menciptakan Anda salah tingkah, coba mulai lakukan pada sesama jenis. Atau pada orang yang lebih tua, atau anak-anak. Jika Anda sudah percaya diri, Anda akan menemukan, sanggup mendekati lawan jenis dengan lebih mudah.

10. Memberi pujian. Orang-orang haus pujian. Dan hampir semua kebanggaan sanggup membangkitkan tanggapan yang hangat.

11. Bicarakan perihal diri Anda, tujuan dan minat Anda. Jangan merasa pekerjaan dan kepribadian Anda tidak menarik bagi orang lain. Pelajari sebanyak mungkin perihal orang lain. Mereka akan merespon lantaran Anda tertarik kepada mereka.

Terakhir, bersikaplah lebih santai! Terlalu serius sanggup saja merupakan suatu cara untuk menutupi rasa tidak percaya diri. Rileks, senyum, dan berpikir konkret perihal diri Anda. Anda akan menjadi lebih gampang bekerjasama dengan orang-orang dan rasa kesepian pun hilang.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib