Aktivitas yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak 4 Aktivitas yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak
Untuk meningkatkan kemampuan berpikir ternyata tak perlu kegiatan rumit. Beberapa kegiatan ringan berikut ini bisa membantu menyegarkan fungsi otak.

Terlalu usang bekerja sering menciptakan pikiran buntu dan terasa penat. Jika merasa kemampuan otak menurun, beberapa kegiatan ini bisa membantu Anda.

Duduk tegak
Sepertinya sepele, tapi postur yang baik bisa membantu kemampuan berpikir Anda. Bangun dari duduk yang santai ke posisi tegak. Posisi tegak bisa membantu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan berpikir lebih baik. Coba saja duduk santai di sofa dengan posisi malas dan lisan setengah terbuka, kemudian lakukan perhitungan matematika sederhana dalam dalam pikiran Anda. Pasti lebih cepat jikalau dalam keadaan duduk tegak, mata melihat ke depan, dan lisan tertutup.

Olahraga
Olahraga ringan dan teratur bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Sebuah studi menyampaikan fungsi kognitif meningkat secara drastis sesudah melaksanakan senam aerobik selama 10 menit. Untuk menghilangkan otak yang penat di kantor, berjalan kaki santai sambil menghirup udara segar bisa membantu mengembalikan kesejukan pikiran.

Ketika kita bergerak atau berolahraga, asupan oksigen ke otak pun semakin meningkat. Selain baik untuk menyegarkan otak, olahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari juga bisa membantu meningkatkan kemampuan otak dan melindungi sel otak secara jangka panjang.

Hubungan sosial
Memiliki hubungan baik dengan pasangan, keluarga, atau sahabat ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebuah studi yang dilakukan Harvard School of Public Health, Amerika, menemukan orang dengan kehidupan sosial yang aktif menunjukkan penurunan memori yang lebih kecil ketimbang orang yang kurang aktif dalam hubungan sosial.

Rahasianya adalah, interaksi yang sehat dengan orang lain. Interaksi dengan teman, pasangan, atau keluarga ternyata merupakan latihan yang baik bagi otak. Dengan sering berinteraksi, otak menjadi lebih aktif dan sehat. Karena itu, jangan ragu untuk selalu menjaga hubungan baik dengan sahabat atau keluarga. Hubungi mereka secara terencana dan ciptakan interaksi yang menyenangkan. Hubungan yang menyenangkan dengan orang lain menciptakan hidup senang sekaligus menyehatkan otak.

Tertawa
Tertawa merupakan kegiatan menyenangkan yang ternyata bermanfaat bagi otak. Saat tertawa, badan melepaskan hormon endorfin yang membantu menurunkan tingkat stres. Mengurangi stres secara jangka panjang baik untuk kesehatan otak. Tertawa juga dipercaya bisa membantu menciptakan seseorang lebih terbuka terhadap inspirasi dan pendapat baru.

Jika jawaban emosional lainnya hanya mempengaruhi beberapa area di otak, tertawa mempunyai imbas lebih besar. Tertawa menciptakan banyak bab otak menjadi lebih aktif. Mendengarkan dongeng lucu atau melihat sesuatu yang lucu bisa mengaktifkan beberapa bab otak yang berfungsi untuk meningkatkan kreatifitas dan proses belajar.

Makan buah
Beberapa buah mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan otak. Stroberi atau blueberry mempunyai kandungan anti oksidan tinggi yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel pada otak. Beberapa buah-buahan lain juga mempunyai banyak sekali kandungan yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Apa saja buah yang baik untuk otak bisa dibaca selengkapnya di 6 Buah Segar yang Bisa Meningkatkan Kualitas Otak

Asupan masakan yang baik untuk otak didukung oleh kegiatan yang menstimulasi otak menyerupai di atas bisa membantu kerja otak menjadi lebih maksimal. Seperti bab badan lainnya otak juga perlu istirahat. Karena itu tidur yang cukup paling tidak 7-8 jam sehari juga bisa membantu memulihkan kembali kondisi otak dan memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Selain itu jangan lupa selalu lakukan relaksasi dan kegiatan yang mengurangi stres untuk menjaga kesehatan otak.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib