Jika Anda berada dalam cuaca yang panas dan ingin sesuatu yang segar untuk melepas dahaga, mungkin buah sehat yang satu ini bisa dijadikan santapan utama. Ya, buah melon!

Buah melon termasuk dalam famili labu-labuan atau cucurbitaceae. Buah ini berasal dari Timur Tengah dan secara sedikit demi sedikit mengalami penyebaran sampai ke benua Eropa. Bahkan berdasarkan beberapa sumber, catatan perihal buah melon sudah ada semenjak jaman Mesir Kuno, yang dibuktikan dengan beberapa goresan pena pada piramida.
Jika Anda berada dalam cuaca yang panas dan ingin sesuatu yang segar untuk melepas dahaga Si Bulat Segar yang Bikin Anda Awet Muda

Sekitar tahun 70’an, buah melon mulai masuk ke pasar Indonesia. Namun pada ketika itu, buah ini digolongkan sebagai ‘buahnya orang kaya’ alasannya yaitu harganya yang sangat mahal. Kini seiring perkembangan jaman, buah melon sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia, sehingga bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan bisa dinikmati semua kalangan.

Kandungan Nutrisi Buah Melon


Selain mempunyai rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang diharapkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).

Manfaat Kesehatan Buah Melon


Dengan kandungan nilai gizi yang cukup lengkap, maka tidak heran jikalau buah melon menjadi salah satu buah pilihan yang dipakai untuk meningkatkan daya tahan badan dan mencegah aneka macam penyakit, seperti:

Anti Kanker
Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga mempunyai kemampuan untuk menangkal serangan kanker alasannya yaitu kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini sanggup mencegah serangan kanker, menyerupai kanker paru-paru dan kanker payudara.

Cegah Serangan Jantung
Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga bisa menghentikan penggumpalan sel darah yang sanggup mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

Awet Muda
Anda niscaya pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering dipakai untuk mengurangi imbas penuaan pada beberapa perempuan di dunia semoga terlihat baka muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga mempunyai kegunaan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Menu Diet yang Menyegarkan
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon yaitu air yang bisa memperlihatkan imbas menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi ketika Anda sedang berdiet.

Cegah Impotensi
Nah, bagi Anda yang bermasalah dengan kehidupan seks, sebaiknya Anda segera mengonsumsi buah segar yang satu ini. Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang sanggup memproduksi arginine.

Arginine mempunyai kegunaan dalam meningkatkan anutan darah, terutama anutan darah yang menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga anutan darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

Sehatkan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh badan menjadi vitamin A dan dipakai badan untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.
Nah, mulai kini jangan segan-segan untuk memasukkan buah melon ke dalam sajian harian Anda.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib